Monday, December 09, 2019
anti virus
Hobi Serba-serbi Tren Viral

5 Aplikasi Anti Virus Terbaik untuk Laptop dan PC

Kemajuan teknologi membuat virus atau malware di internet pun ikut berkembang. Virus atau malware ini masuk melalui internet yang aktif dan akan mengganggu kinerja laptop dan PC Anda.

Malware yang merupakan singkatan dari Malicious Software memang sengaja dirancang untuk merusak sistem komputer. Malware ini akan menyusup melalui jaringan internet tanpa Anda sadari, seperti melalui unduhan data di internet, email, ataupun instalasi program yang sudah terinfeksi malware tersebut.

Malware dapat berupa virus, worm, spyware, hingga berbagai software berbahaya yang masuk tiba-tiba melalui jaringan internet Anda. Demi mencegah kehadiran malware ini, pemasangan aplikasi anti virus sangat diperlukan.

Aplikasi Antivirus untuk Laptop dan PC

Kehadiran Antivirus akan membantu menjaga laptop dan PC Anda agar tidak lambat akibat adanya malware. Oleh sebab itu, Anda perlu memasang aplikasi antivirus di kedua perangkat elektronik Anda ini.

Anda tak perlu bingung, antivirus apa saja yang baik untuk digunakan pada laptop dan pc Anda. Berikut adalah 5 Aplikasi Anti Virus Terbaik yang dapat Anda install.

  1. Avira Free Antivirus

Avira merupakan aplikasi tertua di antara seluruh aplikasi antivirus yang ada. Aplikasi ini sudah beredar sejak tahun 1986. Keberadaan Avira yang sudah cukup lama membuatnya dipercaya dan digunakan di setiap laptop dan pc.

Walau terbilang lama, Avira terus meng-upgrade aplikasinya setiap saat. Para pengguna pun dipermudah dengan notifikasi yang dapat diatur kemunculannya saat ada update antivirus terbaru.

  1. AVG Antivirus Free

AVG merupakan salah satu aplikasi antivirus terbaik yang ada. Antivirus ini mendukung laptop maupun pc yang berbasis windows, mulai dari windows xp hingga windows 10.

AVG memiliki keunggulan tersendiri dibanding aplikasi antivirus lainnya yaitu dapat melindungi data dari pencurian dengan adanya fitur hacker protection. Fitur lain yang terdapat pada AVG adalah seperti Real-time Security Updates, Tune Up, hingga Web protection.

  1. Avast Free Antivirus

Avast terbukti mampu mengatasi dan menyembuhkan laptop dan pc dari malware yang tidak diinginkan secara menyeluruh.

Avast juga termasuk pemain lama setelah Avira. Aplikasi ini pertama kali dirilis padatahun 1988. Kini, aplikasi ini sudah tersedia kedalam 27 bahasa di dunia, termasuk salah satunya bahasa Indonesia.

Fitur pada Avast tidak hanya dilengkapi dengan pemindai pendeteksi keamanan (Smart Scan), namun juga mengamankan jaringan WiFi (WiFi Inspector), pengawas aplikasi (Behaviour Shield), hingga pengaturan notifikasi (Game Mode).

  1. Smadav Antivirus

Siapa sangka bahwa aplikasi dengan logo segitiga penrose yang berwarna hijau ini berasal dari Indonesia. Aplikasi ini awalnya dibuat pada tahun 2006 oleh seorang siswa SMA yaitu Zainuddin Nafarin. Aplikasi ini pun kemudian dikembangkan hingga penggunaannya kini meluas sampaiMalaysia, Filipina, India, dan Afrika.

Pengguna dapat memilih folder atau bagian apa saja yang ingin dipindai pada menu scan. File atau data yang terdeteksi virus akan tercatat secara otomatis pada saat pemindaian.

Penggunaan smadav juga mudah dan tersedia pula dalam bahasa Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk meng-install antara yang gratis (Smadav Free) atau berbayar (Smadav Pro). Keduanya dapat langsung diunduh melalui situs resmi smadav.

  1. Bitdefender Antivirus

Antivirus Bitdefender tergolong masih muda karena didirikan pada tahun 2001 yang berasal dari Romania. Aplikasi ini memiliki sistem keamanan berlapis yang tidak mudah untuk ditembus oleh malware.

Bitdefender Antivirus dilengkapi dengan fitur-fitur seperti On-demand Virus Scanning yang dapat membasmi segala jenis virus hingga Behavioral Detection yang berfungsi untuk memonitor aplikasi yang aktif.

Selain itu, aplikasi ini sangat pas untuk Anda yang tidak selalu meng-update antivirus namun rajin memindai laptop dan pc  secara berkala.

Laptop dan pc yang telah dilengkapi oleh aplikasi antivirus terbaik akan mencegah malware yang mencoba menyusup data Anda. Antivirus yang aktif akan sangat membantu Anda untuk mendeteksi malware tersebut datang. Jangan lupa untuk terus mengupdate anitvirus ya, agar laptop dan pc Anda tidak terjangkit virus-virus baru yang bermunculan.

Back To Top